Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Dokumen Sistem Mutu menuju Sertifikasi Organik Tanaman Pangan

 

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis dalam rangka Penyusunan Dokumen Sistem Jaminan Mutu Komoditi Tanaman Pangan khususnya Beras menuju Sertifikasi Organik. Kegiatan ini dilakukan di Kabupaten Musi Rawas pada minggu keempat bulan Juni dg mengundang 2 kelompok tani calon penerima fasilitasi sertifikasi organik TA 2019 sebanyak 2 unit yaitu Kelompok Tani Mulya Jaya Ds. suka karya Kec. STLU Terawas dan KT. Mekar Sari Ds. Tri Jaya Kec. Bulang Tengah Suku Ulu. Jumlah peserta yang hadir lebih kurang 40org peserta terdiri dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Pertanian Kabupaten MURA, Fakultas Pertanian UNSRI, Pol, KCD dan perangkat Desa serta anggota kelompok tani calon penerima fasilitasi.

Narasumber pada pertemuan ini adalah Kasi Pengolahan dan mutu Dinas Pertanian TPH Prov. Sumsel (Rina Sopiana, SP., M.Si), Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Musi Rawas (Anwar Effendi) dan dari Fakultas Pertanian UNSRI (Dr. M Umar Harun dan Dr. Chadra Irsan). Dengn adanya kegiatan ini diharapkan semua petani yg hadir dalam acara ini paham dan sadar akan pentingnya sertifikasi produk dalm hal ini Sertifikat Organik. Sertifikat organik adalah sertifikat yg dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) yang sudah ditunjuk pemerintah secara resmi, dimana produk pertanian yang sudah lulus berhak mencantumkan logo organik pada kemasannya.

Dengan adanya logo organik tersebut selain menjamin kepastian dari produk organik yg dihasilkan juga sebagai syarat untuk bisa menjual dengn harga diatas rata rata. Semoga kedepan semakin banyak petani – petani di Sumatera Selatan yg mempunyai sertifikat organik sehingga dapat meningkatkan pendapatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *